Misteri Sebuah Akhir

Janganlah kau banggakan jilbab yang menutup dada ini, karena suatu saat kau tak tahu apakah ia akan menjadi tambah lebar atau hilang sama sekali.

Janganlah kau banggakan lisan ini yang selalu berdzikir siang-malam, karena kau tak tahu apakah ia akan tetap terus bergerak atau berhenti sama sekali.

Janganlah kau banggakan kata-kata ini yang tiada pernah mengucapkan suatu katapun kecuali yang benar, karena kau tak tahu apakah ia akan tetap demikian atau berdusta.

Janganlah kau banggakan pakaian yang longgar ini, karena kau tak tahu apakah ia akan tetap menjulur longgar ataukah menyusut hingga hanya membalut sebagian saja.

Aku takut…

Aku takut jika semua akan jadi demikian adanya.

Apalagi jika bukan karena semua itu disebabkan oleh rasa riya’, ujub, bahkan takabbur yang mengarat dihatiku.

Aku sungguh takut.

Atau janganlah pula kau hinakan mereka yang selama ini hanya terlihat mengumbar auratnya, mengatakan hal-hal kotor, menyenandungkan syair kosong, dsb.

Karena kau tak pernah tahu akan seperti apakah kelak ia berubah.

Karena kau tak pernah tahu bagaimana ia akan mendapatkan hidayahnya.

Karena kau tak pernah membayangkan bagaimana kelak ia akan jadi lebih baik darimu.

Aku malu…

Aku malu jika semua akan jadi demikian adanya.

Apalagi jika bukan karena semua itu disebabkan oleh kesadaran, keimanan, dan taubat yang muncul dan mengokoh dihatinya seiring berjalannya waktu.

Aku sungguh malu.

Karena Allah yang berkuasa atas hati terdasar kita, yang bahkan diri kita sendiri tak mempunyai kuasa atasnya. Ya Rabb…ampuni prasangka hamba, sungguh hamba termasuk orang-orang yang dzolim. Ya Rabb…ampunilah juga aku dari prasangka dan aib-aib yang Kau tutupi ia dari orang-orang sehingga tak orang ketahui. Aamin..

Leave a Reply

