Menjadi Praktikan

Blog ini terakhir update sekitar Desember tahun lalu. Sekarang semenjak memasuki tahun 2016, baru tulisan ini yang muncul. Lalu, mau ngapain kok judulnya tentang praktikan? Yuhuu soalnya sekarang aku resmi jadi praktikan baru!

Nggak kerasa dulu rasanya baru banget masuk STKS Bandung. Eh sekarang udah semester VI ajaah. Masih mau nanya apa STKS Bandung? Main makanya ke Dago, gaulnya jangan diditu wae ;p. Sekarang STKS Bandung udah lebih mudah dikenali karena sudah ada gedung tambahan (re: Auditorium & Pascasarjana) yg notabene mentereng banget dr jalan. Kalo naik angkot ke arah terminal Dago mah tinggal nengok ke sebelah kiri langsung terpampang nyata. Wkwk.

Oke, balik lagi ya. Iya, aku sekarang udah jadi praktikan! Kasih selamat dongg… Haha. Sebenernya sih mungkin biasa weh, tapi nggak buat aku. Soalnya ini teh berhubungan langsung dengan masyarakat selama +- 4 bulan. Jadi tetangga baru lagi di lingkungan orang. Udah gitu kerjanya ngorek-ngorek atau bahasanya mah ngepoin masalah orang-orang. Ngedata, observasi, analisis, udah habis gitu pulang lagi hanya meninggalkan rekomendasi. Dosa banget ga sih? Haha. Itulah makanya.

image

Aku praktikum perdana di Kelurahan Cibuntu, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung. Kelompok praktikumku ada 8 orang, 3 laki-laki dan sisanya perempuan. Alhamdulillah semuanya baik banget dan daebak! Mudah-mudahan aku bisa juga kompakan sama yang lain. Nah apa sih yang kita urusin pas praktikum perdana? Kalo ini perdana, berarti ada praktikum lainnya lagi?

Praktikum perdana ini fokusnya adalah pengenalan masalah, potensi, sumber, program, dan kebijakan yang berkaitan dengan 26 PMKS ataupun 12 PSKS. Kenalan dulu, PMKS artinya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial sedangkan PSKS artinya Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial. Nah, kesempatan praktikum ini adalah mengumpulkan data, mengobservasi, mengasesmen, menganalisis, sampai merekomendasi. Daebak nggak tuh? Kalo kalian mengira gak daebak, kalian harus coba ikut sama mahasiswa STKS Bandung. Jangan khawatir kalo sekarang ini masih pengenalan, tapi praktikum setelahnya akan sampai ke tataran mengintervensi dan mengusulkan program. Artinya, ya betul, ada 2 praktikum lagi ke depannya. Di tambah penelitian untuk KIA D4 Pekerjaan Sosial. Rame banget ya praktikumnya? Iyaah… 😆

Kalo dilihat-lihat mirip juga sama marhalah dakwah -> ta’arif, takwin, tanfiz. Ehh naon? Wkwk 😅

Apakah aku siap? Harus. Kalau nggak mah nggak lulus sekolah deh. Nah, mudah-mudahan nanti aku bisa posting kegiatan praktikumku. Sebetulnya, sekarang masih pralapangan, tanggal 10 Februari baru deh terjun ke lapangan :):).

Aku cuma mau share sedikit gimana perasaanku jadi praktikan untuk pertama kali. Rasanya cemas banget, takut, berpikir aneh-aneh, dan tapinya penasaran juga. Kemarin sempet banget nggak bisa tidur karena saking cemasnya mikirin macem-macem tentang praktikum. Tapi alhamdulillah karena tadi sudah penjajakan pertama, cemasnya jadi reda. Legaaaa..

Oke, sekian dulu postingan blogku yg pertama di tahun 2016 ini. Doakan semoga praktikum perdanaku lancar dan memberikan banyak pengalaman berharga bersama masyarakat. Aamiin allahumma aamiin 😇💕

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s