Mengentaskan Masalah Penanggulangan

image

Nampaknya penanggulangan masih membenihkan butir-butir permasalahan, khususnya tentang problematika HIV/AIDS. Mungkin, saat ini kita belum siap untuk mengentaskan. Akhirnya, legalitas cannabis, lokalisasi, kondom, jarum suntik steril, dll dianggap efektif dilakukan daripada berdiam, bahkan membuang tenaga dan tenggelam dalam api orasi.

Di sisi lain, mungkin para elit pemikir (praktisi, akademisi, dkk) sudah menyadari sebetulnya masalah sosial memiliki banyak pendekatan strategis. Dan bagiku, pendekatan agama itulah kesempatan besarnya. Bolehlah aku argumentasikan Pancasila ayat Satu agar tak terkesan apa-apa. Selagi para kaum agamis belum terkontaminasi kepentingan. Selagi juga kaum generasi konservatif-agamis masih berjaya di depan hidung anak-anak zaman modern-liberalis. Dosa dan pahala masih relevan disahkan sebagai hukum sakral. Sebab segala apa yang asli dahulu, kini telah banyak bermetamorfosa. Sebelum akhirnya zaman menggulirkan kuasanya kepada generasi yang berhukum pada untung dan rugi

Lihat saja, kini kaum pemikir yang lahir dari rahim norma-norma etis mulai gelisah dengan moral anak bangsa. Rasanya mereka patut merasa bertanggung jawab, sebab moral anak bangsa zaman sekarang lebih dominan diasuh dan ditimang oleh bias reformasi. Bukan mental modern yang terbina, tapi justru gegar budaya yang terjadi. Pendidikan karakter dititahkan di atas kepala pendidik di seluruh penjuru Ibu Pertiwi.

Aku hanya berdoa agar pendidikan karakter tsb diimbangi oleh penguatan agama supaya tidak terjadi monopoli yang lebih parah. Bagaimanapun, agama itu asli. Bukan karakter yang dapat dipolitisisasi oleh ujung pena magis milik penguasa. Jangan sampai sudah materi dimonopoli, karakterpun terjadi demikian.

Pertanyaan kita: belum atau tidak siap?

#indonesiasadar #tanpastigma #aidsawareness #tauhidlife

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s