Seperti Apa Wajah Asli Indonesia Kini?

Kemarin terdengar kabar bahwa hari ini ada aksi 412.

Ada yang bilang bahwa aksi 412 merupakan aksi tandingan dari 212.

Tersebar juga bermacam berita yang tidak tahu bagaimana keabsahannya bahwa aksi 412 ini jelas memaksa.

Contohnya, beredar foto surat edaran di jagat twitter (via @hafidz_ary) yang mencatut identitas Kementerian Sosial RI.

Akun twitter @hafidz_ary dipegang oleh bapak beranak tiga yang terbilang masih muda.

Dia gencar sekali dengan opini yang menentang Jaringan Islam Liberal (JIL). Dia juga dikenal aktivis anti-JIL. Sebagian besar cuitannya aku sepakat. Walaupun agak nyeleneh, argumennya aku acungi jempol.

Aku bukan ingin membahas pemilik akun twitter @hafidz_ary, justeru ingin memperlihatkan sesuatu yang sedari pagi tadi menggelitik.

Soal foto surat edaran itu sebenarnya juga mencatut nama instansi lainnya, mulai dari partai hingga instansi swasta. Hanya saja, yang membuat aku sangat terkejut adalah foto surat edaran yang mencatut nama instansi Kemensos RI. Aku tak rela Kemensos RI yang menjadi naungan sekolahku berada itu ikut campur urusan politis yang tidak pada tempatnya. Maksudku, spekulasi publik tentang aksi 412 ini mengerucut pada satu hal yang cukup jelas.

Tak lama, Ibu Khofifah mengklarifikasi bahwa itu fitnah. Memang ada surat himbauan untuk menghadiri kegiatan Kemensos RI di Car Free Day, tapi bukan dalam surat edaran yang tersebar. Ibu Khofifah juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut hanyalah kebetulan dan tidak ada kaitan apapun dengan politik dsb.

Kebetulan?

Baiklah. Kalau begitu memang ada sekitar 3-4 instansi yang kebetulan mengadakan kegiatan “wajib” bersamaan dengan aksi 412.

Nah, hari ini juga tersebar foto-foto lokasi di Car Free Day tempat aksi 412 berlangsung. Ada pro dan sedikit kontra. Hal ini diakibatkan banyaknya atribut partai dan sampah yang berserakan. Tak lupa juga taman yang rusak diduduki atau diinjak. Padahal, sebenarnya kalau menilik konten dan tema acaranya sendiri  justeru berseberangan.

Konsep yang diusung melalui tema “Kita Indonesia” pada akasi 412 ini menurut penyelenggara adalah sebuah parade budaya. Kegiatan dimana ada panggung pertunjukan yang menampilkan kebudayaan. Menurut penyelenggara juga, aksi ini bebas dari partai politik dan hanya bertujuan menguatkan kebhinekaan. Meskipun pada kenyataannya Gubernur Plt DKI Jakarta sendiri menyayangkan ketidakkonsistenan panitia atas kesepakatan yang sebelumnya dibuat. Akhirnya, dengan berpedoman Pergub yang menyatakan bahwa Car Free Day harus bebas kegiatan partai politik maka dilakukan sweeping atribut kepartaian dalam aksi 412 ini.

Aku berusaha untuk tidak nyinyir. Walaupun sudah gatal sekali lidah ini. “Hukum Rimba” mulai terlihat nyata di Indonesia dengan contoh yang sudah terjadi belakangan ini di Ibukota Negara, DKI Jakarta.

Jujur saja aku 100% memihak aksi 411 dan 212 kemarin. Kedua aksi tersebut sangat bermartabat dan berkarakter–seperti kampanye pemerintah tentang Indonesia berkarakter. Tidak ada unsur politis, rapi, damai, bersih, dan teratur. Meskipun pemerintah terlihat ketakutan sekali aksi 411 dan 212 kemarin ditunggangi urusan politik. Memang pada pascaaksi 411 sempat terjadi kericuhan yang terbukti merupakan ulah oknum. Tetapi, ini menjadi pembelajaran bahwa memang musuh selalu mencari celah. Dan, pada aksi 212 selanjutnya menjadi bukti asli karakter Indonesia yang tak terbantahkan bagi setiap matahati yang tidak buta.

Apakah berlebihan?

Aku hanya berusaha menilai realistis.

Pada hari ini, orang-orang yang berkumpul dalam Aksi Kebhinekaan adalah mereka yang mengaku menunjung tinggi nilai persatuan, kesatuan, dan ke-Indonesiaan. Apa yang tergambar dalam benakku adalah parade budaya adalah seperti konten kebudayaan, sikap kerapihan, teratur, kerukunan, toleransi, dll yang pada pokoknya mencerminkan ke-Indonesiaan. Tapi, hal tersebut tidak tercermin secara baik dalam asksi 412. Justru hal-hal tersebut tercermin jelas dan nyata dalam aksi 212.

Aku terhenyak berpikir.

Sebetulnya, yang mana wajah Indonesia saat ini?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s